Minahasa Tenggara Akan Fokus Kembangkan Sektor Pariwisata

Minahasa Tenggara, Sulut – Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap menyatakan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tersebut dalam mengembangkan sektor pariwisata pada tahun 2020.

“Tahun ini sektor pariwisata menjadi prioritas. Slogannnya tahun depan visit Minahasa Tenggara 2020,” kata James di Ratahan, saat mengunjungi objek wisata Pulau Punten di Kecamatan Posumaen, Sabtu.

Ia mengungkapkan, Pemkab memberikan perhatian besar terhadap kemajuan pariwisata dengan memantapkan infrastruktur penunjang.

“Makanya untuk kebijakan anggaran pada tahun depan, hampir 50 persen dari anggaran ini akan diperuntukkan untuk pengembangan pariwisata,” jelasnya.

Lebih lanjut kata James, semua potensi objek wisata yang ada di seluruh kecamatan akan digarap, dan masuk dalam kebijakan strategis pemerintah.

“Semua potensi dari objek wisata yang ada di seluruh wilayah kecamatan akan dikembangkan. Karena fokus kita untuk memajukan pariwisata daerah,” katanya.

Ia juga memerintahkan seluruh desa untuk menggali potensi pariwisata yang ada, dengan melibatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Untuk rencana strategis ini, pemerintah juga harus terlibat dengan menggali potensi objel wisata yang menjadi unggulan. Nantinya untuk pengelolaan harus melibatkan BUMDes,” katanya.

Dia juga memastikan akan menjadi Mitra menjadi salah satu primadona pariwisata di Sulut bahkan di Indonesia. (Ant)