Wali Kota Senduk Ptimistis Mampu Mewujudkan Pemerintahan Bebas Korupsi

Tomohon, sahabatrakyat.com – Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) Caroll JA Senduk optimistis mampu mewujudkan pemerintahan bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

“Pentingnya penerapan pakta integritas sebagai praktek terbaik di setiap lini pembangunan untuk mewujudkan pemerintahan yang bebas korupsi, kolusi dan nepotisme,” kata Wali Kota Caroll pada penandanganan pakta integritas Pemkot Tomohon, Selasa.

Penandatangan pakta integritas ini adalah salah satu bentuk pernyataan atau janji diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.

Penandatangan pakta integritas ini bersifat mengikat untuk seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.

“Ini juga berlaku sepanjang yang bersangkutan masih memangku jabatan dalam kurun waktu tahun berjalan,” ujar Wali Kota.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menambahkan, tujuan pakta integritas antara lain memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Menumbuhkembangkan keterbukaan dan kejujuran serta memperlancar pelaksanaan tugas yang berkualitas, efektif, efisien dan akuntabel.

Selanjutnya, mewujudkan pemerintah dan masyarakat Indonesia yang maju, mandiri, bertanggungjawab dan bermartabat dengan dilandasi oleh nilai-nilai luhur budaya bangsa, Undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan Pancasila.

Wali Kota berharap, terlaksananya penandatangan pakta integritas ini dapat memperkuat komitmen bersama dalam pelaksanaan penyelenggaraan tugas tanggung jawab, serta pelayanan bagi masyarakat di Kota Tomohon.

“Hal ini sebagai wujud pencegahan dan pemberantasan korupsi dalam pemerintahan yang transparan dan akuntabel sehingga membentuk citra positif dan kredibilitas instansi serta menjadi dasar dari komitmen Pemerintah Kota Tomohon mewujudkan wilayah bebas korupsi,” katanya menambahkan. (Ant)