Kakanwil Kemenkumham Sulut lakukan inspeksi Lapas Perempuan Tomohon

Manado – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Utara Haris Sukamto, melakukan inspeksi Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II B Manado, di Tomohon, Senin.

“Kita semua bekerja secara tim di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM RI. Mari kita lakukan yang terbaik, ” kata Haris Sukamto di Tomohon, Senin.

Ia mengatakan sebagai petugas pemasyarakatan, tidak hanya harus berani tetapi kita juga harus peduli.

Karena kita bertugas untuk memberikan pembinaan kepada warga binaan, kita harus memanusiakan manusia,” kata Haris saat memberikan arahan kepada petugas.

Usai arahan tersebut, Haris Sukamto kunjungi blok hunian guna berbincang dengan para warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Pada saat itu, Haris Sukamto ajak para WBP bernyanyi terlebih dahulu untuk memberi semangat. dan mengajak mensyukuri kehidupan yang telah Tuhan rancang sedemikian rupa bagi masing-masing insan.

“Pandai pandai mensyukuri nikmat Tuhan, dimanapun kita berada, juga selalu bahagia. Bahagia itu bagi saya adanya di hati, seluruh aktivitas kita berasal dari hati, kemudian disalurkan ke otak, kemudian otak perintahkan anggota tubuh lain untuk merespon,” katanya.

Ini rumah kita bersama, lanjut Haris, mari jaga bersama, bangun bersama dan hasilnya nanti kita nikmati bersama-sama.

“Berharap semua WBP agar dapat aktif mengikuti seluruh kegiatan pembinaan yang ada,”katanya.

Kakanwil Sukamto juga meninjau langsung kegiatan-kegiatan pembinaan, seperti produksi batik, salon, tarian, kantin hingga pelatihan barista.

Dalam kunjungan tersebut Kakanwil didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Kusnali dan disambut Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Manado di Tomohn Oldij J E Rambi beserta staf. (Ant)