Stabilkan Harga di Sulawesi Utara Bulog Jual Beras OP-KPSH

Manado – Perum Bulog Divre Sulawesi Utara (Sulut) menjual beras medium Operasi Pasar Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (OP-KPSH) dalam menstabilkan harga di daerah tersebut tahun 2020.

“Di awal tahun ini kami telah menjual beras medium OP-KPSH sebanyak 700 ton,” kata Kepala Perum Bulog Divre Sulutgo Eko Hari Kuncahyo, di Manado, Jumat.

Dia mengatakan penjualan ini dilakukan ke semua pasar-pasar tradisional, mitra pedagang, distributor serta agen-agen dan kelompok-kelompok masyarakat.

Eko menjelaskan akan terus menjual beras medium, sehingga harga beras akan tetap stabil.

“Karena kenaikan beras, sedikit saja, akan memberikan dampak cukup besar pada inflasi,” jelasnya.

Dia mengatakan di tahun 2019, realisasi KPSH beras medium atau operasi pasar (OP) cadangan beras pemerintah (CBP) tahun 2019 sebesar 5.284,4 ton atau mencapai 45,10 persen dari Target sebesar 11.716,15 ton.

jika dibandingkan tahun 2018, Realisasi KPSH/OP CBP mengalami kenaikan sebesar 5,04 persen dari realisasi tahun 2018 sebesar 5.031 ton.

Eko mengatakan untuk menjaga stabilitas harga beras medium dan bahan pangan lainnya, Perum Bulog telah melakukan peluncuran program KPSH atau Operasi Pasar Beras Medium serta bahan pangan lainnya secara serentak dan masif dan melibatkan seluruh jajaran karyawan Perum Bulog di tingkat pusat hingga ke daerah.

Perum Bulog Divre Sulut dam Gorontalo langsung melaksanakan KPSH atau operasi pasar beras medium dan bahan pangan lainya secara masif di beberapa pasar di Sulawesi Utara.

“Melalui kegiatan Program KPSH ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama pada musim kemarau ini dan agar stabilisasi harga bahan pangan khususnya beras dapat terjaga,” katanya. (Ant)