20.577 Siswa SMA Ikut Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi Tahun 2021

Jakarta – Sebanyak 20.557 siswa sekolah menengah atas (SMA) mengikuti Kompetisi Sains Nasional tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dari 13 sampai 16 September 2021.

Penanggungjawab Kompetisi Sains Nasional 2021 Jenjang SMA Kusri sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian yang diterima di Jakarta, Sabtu, mengatakan bahwa Kompetisi Sains Nasional (KSN) meliputi bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Ia mengatakan bahwa tahun ini untuk pertama kalinya KSN tingkat provinsi diselenggarakan dengan menggunakan metode proktoring (pengawasan) melalui aplikasi Zoom.

“Tujuannya memberikan kesempatan dan perlakuan yang sama kepada semua peserta di mana pun mereka berada,” katanya.

“Setiap peserta wajib merekam dirinya menggunakan kamera pada saat pelaksanaan berlangsung, yang kemudian diawasi melalui Zoom oleh tim panitia KSN,” ia menambahkan.

Ia menjelaskan, persentase kehadiran peserta KSN tingkat provinsi dalam tes sembilan bidang studi tahun ini 97,2 persen, lebih tinggi dari persentase kehadiran peserta tahun lalu (91,7 persen). (Ant)